Apa Itu Proxy, Jenis-jenis Proxy dan Fungsi Proxy

Apakah itu Proxy ? Proxy atau Proxy Server ialah server penghubung yang sangat mungkin pemakai membuat koneksi jaringan tidak langsung ke service jaringan yang lain. Dengan menyambungkan lewat salah satunya server proxy, computer akan mengirim keinginan ke server proxy yang selanjutnya server proxy mengolah keinginan serta kembalikan apa yang computer kehendaki.

Langkah Kerja Proxy

Bila kamu ingin menelusuri situs dengan anonim karena itu proxy dapat dipakai untuk sembunyikan alamat IP kamu. Dengan tersambung ke internet lewat proxy, alamat IP kamu tidak diperlihatkan, tetapi IP dari server proxy lah yang akan diperlihatkan.

Peranan Proxy

1. Proxy jadi Conecting Share

Salah satunya peranan proxy untuk connecting share yakni jadi penghubung atau penghubung pemungutan data dari satu alamat IP serta diantarkan ke alamat IP yang lain atau pada IP computer user.

2. Proxy jadi Monitoring serta Filtering

Proxy bisa dipakai untuk menyaring keinginan pemakai, serta memblok content khusus atau halaman situs supaya tidak bisa dibuka. Ini bisa dikerjakan dengan pertolongan server proxy penyaringan content yang memperbedakan tingkat kontrol pemakai pada content, berdasar tipe pemakai – Tamu atau Administrator.

3. Proxy jadi Caching

Serta peranan proxy yang lain yakni jadi caching, tujuannya proxy diperlengkapi dengan media penyimpanan data dari satu situs, dari query atau keinginan akses user. Contohnya keinginan untuk terhubung satu situs bisa bertambah cepat bila sudah ada keinginan akses ke satu situs pada pengguna proxy awalnya. Itu peranan proxy jadi chacing.

Beberapa jenis Proxy

Ada beberapa macam proxy yang tidak sama, semua dengan beberapa arah serta peranan yang sama. Beberapa macam proxy yang paling umum ialah seperti berikut:

Situs Proxy – Tipe proxy yang paling umum, situs proxy simpan koleksi halaman situs di cache lokal untuk mengaksesnya secara cepat. Bila halaman yang kamu meminta tidak ada pada cache, proxy situs akan terhubung halaman dari server dan menyimpannya di cache untuk keinginan di hari esok. Tipe proxy ini dipakai untuk tingkatkan kapasitas situs.

Transparent Proxy – Proxy transparan bisa dipakai untuk hilangkan internet positif dalam satu situs. Waktu memakai tipe proxy ini, situs situs yang kamu akses akan tahu jika kamu terhubung lewat proxy serta masih bisa lihat alamat IP asli kamu.

Anonymous Proxy – Proxy anonim seperti proxy transparan sebab bisa dipakai untuk buka blokir situs. Bedanya ialah situs itu tidak dapat lihat IP asli kamu.
Distorting Proxy – Tipe proxy ini kerja secara seperti dengan transparent proxy. Pembagian distorsi, bagaimana juga, sediakan situs situs yang kamu akses dengan alamat IP palsu, bukan yang asli.
Reverse Proxy – Proxy jneis ini memakai caching untuk tingkatkan kapasitas situs, tetapi ini lebih untuk keuntungan server dibanding pemakai perorangan. Reverse proxy bisa dipakai untuk menolong beban jalan raya pada server khusus.